Dir Dukcapil: Chip dalam KTP selundupan asli, dan terbaca dalam data kita


Muslim Bersatu - Direktur Pendaftaran Penduduk Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Drajat Wisnu Setiawan mengatakan, Data-data dalam chip 36 KTP elektronik atau e-KTP asal Kamboja yang ditemukan Dirjen Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Merupakan data chip asli yang dimiliki oleh catatan sipil penduduk Indonesia.

Menurut Drajat dari 36 KTP elektronik tersebut, data yang tertera di chipp beralamat di Jakarta dan di luar Jakarta.

Kepastian tersebut disampaikan Drajat usai pihaknya membaca KTP elektronik tersebut menggunakan pembaca kartu atau card reader.

“Ternyata, chip dalam KTP elektronik tersebut memang bisa dibaca. Data yang terbaca dalam chip itu ada dalam data kita,” kata Drajat saat memberikan keterangan pers Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan, Rawamangun, Jakarta, Jumat (10/02/17).

Mengenai temuan kasus itu, ia pun mengaku masih mendalaminya lebih lanjut dan ia menyatakan belum bisa memberitahukan bagaimana identitas asli tersebut bisa dicuri sehingga bisa dipalsukan untuk tujuan tertentu.

“Kita belum bisa buka, kita akan dalami,” kata dia.

Seperti diketahui, petugas Bea Cukai menemukan KTP elektronik tersebut bersama 32 NPWP, satu buku tabungan Bank BCA dan satu ATM pada 3 Februari 2017. Paket tersebut ditemukan di Cengkareng dikirim cari Pnom Penh Kamboja yang dikirim atas nama Robin kepada Leo di Jakarta. Paket tersebut dikirim melalui perusahaan antarbarang Fedex.

Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan dari 36 KTP tersebut, foto yang tertera di dalam chip ada kesamaan antara satu dengan yang lainnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, Heru mengatakan identitas di dalam chip KTP tersebut sebenarnya hanya 19 foto.

“Artinya ada yang dua KTP memnggunakan satu foto, ada yang tiga foto menggunakan satu foto, satu orang yang sama,” kata dia. Heru memastikan identitas palsul yang tertera dalam KTP elektronik tersebut adalah data yang tertulis di luar KTP.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Dir Dukcapil: Chip dalam KTP selundupan asli, dan terbaca dalam data kita"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel