Berlantai Semen, Tahanan Korupsi KPK Tidur Bareng dengan Toilet


Muslim Bersatu - Rumah tahanan (rutan) KPK belum sepenuhnya dioperasikan. Sampai saat ini, belum ada tahanan KPK yang menempatinya. Lalu seperti apa fasilitas ruang tahanannya?

Pada Minggu (19/2/2017), detikcom bersama dengan rombongan media lainnya berkesempatan menyambangi rutan KPK. Total kapasitas rutan yaitu 32 orang dengan rincian 26 tahanan pria dan 6 tahanan wanita.

Ruangan tahanan itu ada yang berukuran 2,5 meter x 2,5 meter, ada pula yang berukuran 2,5 meter x 5 meter. Setiap ruangan terdapat tempat tidur setinggi 0,5 meter. Tempat tidurnya pun istimewa yaitu berupa cor-coran semen dengan rongga di bawahnya. Di ruang tahanan itu pula, ada 1 WC duduk dan 1 keran.

Rongga di bawah tempat tidur itu digunakan sebagai lemari bagi para tahanan untuk menyimpan barang-barangnya. Tak ada ventilasi apa pun kecuali teralis yang terpasang di pintu ruangan. Satu ruangan itu bisa ditempati 3 atau 5 tahanan.

Suasana rutan yang bercat abu-abu itu memang agak pengap karena exhaust belum dioperasikan Rutan KPK dibagi menjadi 2 ruang yaitu tahanan pria dan tahanan wanita. Untuk tahanan pria ada 9 ruang tahanan dan 2 ruang isolasi, sedangkan untuk tahanan wanita ada 4 ruang tahanan dan 2 ruang isolasi.

"Belum diputuskan (kapan tahanan dipindah) karena ada yang harus didiskusikan lagi," ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di lokasi.

Di dalam rutan pun terdapat 1 ruangan luas tempat para tahanan berkumpul. Selain itu, ada pula tempat terbuka dengan tembok setinggi kurang lebih 15 meter bagi tahanan untuk menjemur pakaian atau berkegiatan lainnya.[dtk]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Berlantai Semen, Tahanan Korupsi KPK Tidur Bareng dengan Toilet"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel