Operasi Biduk Bakal Pulangkan Pendatang Tanpa Keahlian

Muslim Bersatu - Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Pusat akan menggelar Operasi Bina Kependudukan. Operasi akan menyasar sejumlah pendatang yang tidak punya keahlian dan tempat tinggal, usai musim mudik Lebaran 2017.

Menurut Kepala Sudin Dukcapil Jakpus Remon Masadian, Pemprov DKI akan memulangkan pendatang yang mengadu nasib di ibu kota hanya sebagai pengemis atau gelandangan.

"Mereka boleh saja mencari peruntungan ke Jakarta tapi harus punya keahlian, jangan asal main datang saja. Yang ada nanti malah jadi pemulung," jelasnya kepada wartawan, Sabtu (8/7).

Remon menjelaskan, pihaknya menggelar Operasi Biduk dengan melakukan pendataan di titik kawasan pendatang. Setelah didata, pihaknya akan membuatkan Surat Keterangan Daerah Sementara (SKDS) sebelum memulangkan ke daerah asal. Pemulangan warga pendatang akan bekerja sama dengan Suku Dinas Sosial.

"Kita juga tidak segan-segan memulangkan pendatang baru kalau mereka datang ke Jakarta Pusat hanya menjadi gelandangan, pemulung. Kita minta kepada perantauan jangan hanya modal nekat tapi harus sudah terencana," tegasnya. (rmol)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Operasi Biduk Bakal Pulangkan Pendatang Tanpa Keahlian"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel