Cak Imin minta Jokowi tak izinkan Khofifah maju di Pilgub Jatim


Muslim Bersatu - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menegaskan, partainya mendukung Saifullah Yusuf dalam Pilkada Jawa Timur tahun 2018. Menurut Cak Imin, sapaan akrabnya, Provinsi Jawa Timur merupakan basis terkuat dari Nadhalatul Ulama (NU). Maka, Saifullah Yusuf merupakan sosok yang tepat untuk diusung.

Calon lain Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang juga memiliki latar belakang NU juga disebut-sebut akan kembali maju dalam Pilkada Jawa Timur. Namun, Cak Imin menilai seharusnya Khofifah tetap fokus pada jabatannya sebagai Menteri. Dia bahkan mengungkapkan telah merayu Presiden Joko Widodo untuk tak mengizinkan anak buahnya itu mundur dari menteri dan maju sebagai Calon Gubernur.

"Saya sudah sampaikan ke Presiden bahwa ini satu-satunya Provinsi yang NU-nya sangat kuat hanya Jawa Timur. Kalau bisa Bu Khofifah tidak usah diizinkanlah (maju Pilkada). Jadi menteri saja," kata Cak Imin di Kediamannya kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (8/7).

Cak Imin mengklaim permintaan tersebut disambut baik oleh Presiden Joko Widodo. Permintaan ini disampaikan saat dirinya bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, sekitar dua minggu lalu.

"(Tanggapan Presiden) Ya bagus juga sih. Orang dia (Khofifah) saatnya konsentrasi ke menteri," ujarnya.

Cak Imin menambahkan pada awalnya PKB memang menjadikan Khofifah sebagai calon kuat untuk diusung. Namun, Khofifah telah kalah pada dua kali Pilkada Jawa Timur. Sehingga, ini juga menjadi pertimbangan PKB dalam memutuskan mengusung Saifullah Yusuf.

"Bu Khofifah di Pilgub Jatim kalah terus ya sudah saatnya ganti kader lain lah. Sama-sama NU sudah cukup," ujarnya.

Sementara itu, mantan Menakertrans ini telah menyodorkan nama Saifullah Yusuf sebagai Calon Gubernur ke partai lain untuk diusung. Dia meminta partai lain yang ingin ikut bergabung tinggal mencari calon sebagai calon Wakil Gubernur mendampingi Saifullah Yusuf.

"Kita sedang merangkul partai-partai dan memberikan posisi Wakil Gubernur. Kita serahkan ke partai-partai kalau yang mau isi ke posisi Wakil Gubernur," ujarnya.

Cak Imin menyebutkan ada sejumlah partai yang telah membuka pintu untuk ikut mengusung Saifullah Yusuf, salah satunya PDI Perjuangan.

"Banyak. Ada PDIP, ada Hanura banyak lah," tukasnya.  (merdeka)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Cak Imin minta Jokowi tak izinkan Khofifah maju di Pilgub Jatim"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel