Ucapan Jokowi Soal "Gebuk PKI" Bisa Picu Tindakan Persekusi


Muslim Bersatu - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menilai pernyataan Presiden Joko Widodo untuk menindak tegas kelompok maupun organisasi anti-Pancasila beberapa waktu lalu bisa jadi pemicu tindakan persekusi di tengah masyarakat.

"Kalau kami cermati, presiden dengan sangat enteng menyatakan; gebuk saja mereka yang tidak sesuai dengan Pancasila. Sementara siapa yang dianggap sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila, siapa yang dianggap toleran dan intoleran itu kan tidak dinyatakan dengan jelas," ujar Koordinator KontraS Yati Andriyani di kantor KontraS, di kawasan Senen, Jakarta Pusat, kemarin (15/6).

Jika tidak diberi penafsiran yang tepat, kata Yanti, penggunaan kata 'gebuk' yang cenderung kasar ini justru bisa jadi pembenaran masyarakat untuk main hakim sendiri. Lebih-lebih saat tujuan di balik pengucapan kalimat tidak mengacu pada parameter hukum dan hak asasi manusia.

"Ucapan itu kan bisa dimultitafsirkan oleh beberapa pihak. Sehingga bisa menyebabkan tindakan main hakim sendiri. Hal seperti ini yang menjadi catatan kami, bahwa pemerintah pun punya potensi sebagai aktor yang membuat persekusi terus berjalan dan terjadi," kata dia.

Padahal dari sisi perundang-undangan, ujar Yati, setiap warga negara punya hak untuk dilindungi, termasuk dari tindakan persekusi, dan negara menjamin persamaan hak seluruh warga negara tersebut.

 Yati menilai ucapan Jokowi soal 'gebuk PKI' justru membuktikan bahwa seorang kepala negara tidak mampu menghadapi gejolak antarmasyarakat dengan tenang.

"Ada kepanikan dalam diri presiden. Tiba-tiba bilang 'gebuk' seperti itu, sudah kayak orde baru saja," ucapnya.

Yati berharap pemerintah dalam hal ini presiden dan para menterinya, harus lebih hati-hati dalam menggunakan bahasa maupun kalimat yang tafsirnya berpotensi memprovokasi.

 Presiden Jokowi pada beberapa kesempatan menarik perhatian publik dengan melontarkan pernyataan terkait eksistensi Partai Komunis Indonesia. Jokowi tegas mengatakan PKI sudah tidak mendapat tempat di Indonesia, sehingga pantas untuk 'digebuk'. (cnn)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Ucapan Jokowi Soal "Gebuk PKI" Bisa Picu Tindakan Persekusi"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel