Fahri Hamzah: Saya Percaya KPK Bisa Menjadi Skandal


Muslim Bersatu -Pansus Angket KPK yang dibentuk DPR RI dipercaya mampu mengungkap skandal-skandal korupsi besar yang tidak ditangani serius oleh KPK.

Salah satu contoh adalah skandal Bank Century yang merupakan salah satu skandal perbankan terbesar yang bisa terungkap setelah pembentukan Pansus oleh DPR.

"Awalnya pembentukan Pansus untuk skandal Bank Century itu dianggap tidak perlu atau tidak penting, ditentang oleh banyak pihak termasuk partai penguasa pada waktu itu. Tapi alhamdulillah, DPR pada saat itu menyepakati pembentukannya setelah melalui voting,"  kata Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, kepada wartawan usai meresmikan Posko Pengaduan Pansus Angket KPK, di Lobi Nusantara III Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (19/6).

Menurut dia, Pansus Angket Century bisa membuka kasus besar, bukan seperti operasi tangkap tangan (OTT) yang biasa dilakukan KPK yang cuma mengungkap kasus-kasus korupsi "recehan".

Contoh lain adalah skandal korupsi di Pelindo II, yang angketnya dibentuk didahului penolakan dan diremehkan. Padahal, sejak awal Komisi VI DPR yang membawahi Kementerian BUMN telah curiga dengan gelagat perusahaan pelabuhan itu. Di tengah keraguan, dengan bantuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Pansus Angket Pelindo II terbukti benar.

"Kemarin secara mengagetkan BPK telah melaporkan hasil audit yang menemukan kerugian negara sebesar Rp 4,08 triliun," ungkap Fahri.

Dari dua bukti itu Fahri yakin Pansus DPR bisa mengungkap skandal besar lainnya. Sayangnya, penanganan dua skandal yang juga diaudit resmi oleh auditor negara itu malah mandeg. KPK sebagai lembaga negara yang dibuat dengan uang dan kewenangan yang besar, lanjutnya, malah lebih tertarik pada "tas kresek berisi puluhan juta".

"Jangan-jangan di dalam KPK ada skandal juga. Saya termasuk yang percaya bahwa KPK bisa menjadi skandal, karena itu pansus angket harus turun tangan kembali," kata dia.

"Rakyat seharusnya santai dan tenang. Lihat saja rapat-rapat yang akan dibuat terbuka. Ini adalah tontonan yang menarik," demikian Fahri Hamzah. (rmol)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Fahri Hamzah: Saya Percaya KPK Bisa Menjadi Skandal"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel