Setnov ke Irman: Jika Ditanya, Bilang tak Kenal Saya


Muslim Bersatu - Mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman mengaku, Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto pernah menyampaikan pesan kepada dirinya ada kepentingan yang mendesak, saat dirinya ingin dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal kasus e-KTP.

Irman yang kini menjadi terdakwa membeberkan, kalau saat itu Novanto menitipkan pesan kepada Dirjen Dukcapil Kemdagri Zudan Arif Fakhrulloh yang pada saat itu masih menjabat sebagai Kabiro Hukum Kemdagri, untuk tidak menyangkutkan Novanto dalam proyek e-KTP, sesuai instruksi mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Diah Anggraeni.

Namun, Irman sendiri mengaku aneh dengan keterangan Diah yang mendapat pesan Novanto tersebut pada saat pelantikan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 2013. Yang hal itu, lanjut dia, berbanding terbalik dengan informasi dari Zudan yang ia dapatkan pada tahun 2014.

"Penyampai pesan (Zudan) bilang kalau Bu Diah dipesankan sama Pak Setya Novanto kalau Pak Irman diperiksa KPK sampaikan bahwa Pak Irman tidak kenal dengan Pak Setya Novanto. Nah ada yang janggal, itu pesan katanya kemarin, mendesak artinya itu baru juga disampaikan. Tapi dari pengakuan Bu Diah tadi itu 2013. Kalau 2013 itu Bu Diah bisa telepon saya, Bu Diah masih sekjen saat itu," kata Irman di Pengadilan Tipikor, Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2017).

Hanya saja, saat majelis hakim mengonfirmasi keterangan tersebut kepada Diah. Ia mengaku tidak tahu kapan pesan itu disampaikan Zudan ke Irman.

"Soal waktu penyampaian, saya tidak tahu kapan disampaikan oleh Prof Zudan kepada Pak Irman. Dan kemudian ada tambahan sedikit, Yang Mulia, itu tadi Pak Irman bilang kalau diperiksa KPK bilang tidak kenal, itu tidak benar. Pesannya cuma bilang kalau ditanya tidak kenal," ujar Diah seraya menegaskan saat itu Novanto memintanya menyampaikan pesan kepada Irman untuk mengaku tidak mengenalnya apabila diperiksa KPK.

"Tolong sampaikan ke Pak Irman kalau ditanya bilang tidak kenal saya," kata Diah menirukan ucapan Novanto dalam sidang. (tsc)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Setnov ke Irman: Jika Ditanya, Bilang tak Kenal Saya"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel