Kata Jokowi, Tahun 2045 Visi Indonesia Emas Akan Terwujud


Muslim Bersatu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa Indonesia memiliki sebanyak 714 suku bangsa. Hal ini merupakan anugerah yang harus dijaga keutuhannya, mengingat negara manapun di dunia tidak ada yang sampai memiliki suku sekaya Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Sambas, Kalimantan Barat (Jumat, 17/3).

"Suku Dayak saja punya sub suku sampai 152, yang jelas bahasanya beda-beda. Saya pernah ke Sumatera Utara, saya kira ngerti horas semua, tidak tahunya di Nias itu kenalnya Yahuya, ke tengah dikit Majua-Jua. Jadi, jangan ada pilah-pilah lagi, semua suku sama. Kita masih sering pisah-pisahkan yang Batak, Jawa atau Dayak. Kita itu semua sama bangsa Indonesia. Keanekaragaman itu anugerah," jelasnya.

Oleh karena itu, Jokowi pun mengajak semua pihak untuk kembali memahami secara utuh makna Pancasila dan kebhinnekaan. Harapannya, masyarakat memahami betul soal kerukunan antar suku yang beragam, bersatu dan membuat kekuatan besar.

Menurut Jokowi, dua bulan lalu, dirinya telah memerintah menteri keuangan untuk melihat dan menyikapi visi 100 Tahun Indonesia Merdeka yang jatuh pada 2045. Tiga menteri di Kabinet Kerja punya hitungan yang sama bahwa PDB Indonesia pada 2045 menyentuh angka Rp 120 triliun dengan income per capita sebesar USD 29 ribu.

"Itu artinya kalau kita kerja keras, tahun 2045 visi Indonesia Emas akan terwujud. Tapi dengan catatan kita bersatu, jangan udur-uduran, jangan berkelahi. Tidak ada lagi gesekan baik di daerah maupun di pusat, semua fokus sama angka yang tadi. Itu bukan mustahil," bebernya.

Jokowi memastikan bahwa nantinya Indonesia akan berada pada empat besar ekonomi terkuat di dunia, jika angka tersebut berhasil dicapai. Jika pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada angka 5 hingga 6 persen maka angka 7 persen pun bisa dengan mudah didapatkan.

"Tapi kita tahun itu sudah tua. Biar semua yang nikmati anak cucu kita ke depan," ujarnya. [rmc]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Kata Jokowi, Tahun 2045 Visi Indonesia Emas Akan Terwujud"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel