Sebanyak 17 jamaah umroh terlantar di Bandara Jeddah, Bagaimana Sikap Pemerintah Jokowi?


Muslim Bersatu - Sebanyak 17 jamaah umroh yang sempat terlantar di Bandara Jeddah Arab Saudi akhirnya bisa kembali ke Tanah Air atas bantuan dari Kantor Urusan Haji Indonesia KJRI Jeddah.

Staf Teknis 1 KUHI KJRI Ahmad Dumyathi Basori mengatakan bahwa keputusan memberangkatkan jemaah umrah dengan mobil coaster KUHI diambil setelah komunikasi SPJU dengan pihak muassasah Al-Fauzan yang bertindak sebagai perusahaan provider visa Saudi Arabia tidak mendapat respon cepat, meski sudah dihubungi sejak siang.

"Padahal ke-17 orang jemaah harus melakukan check-in pukul 20.00 di counter Citilink bandara internasional King Abdul Aziz Jeddah," kata Ahmad Dumyathi seperti dikutip kemenag.go.id hari ini.

Dumyathi mengatakan, upaya menghubungi pihak perwakilan travel yang memberangkatkan yaitu PT. KM di Saudi Arabia tidak berhasil. Menurutnya, bila ada masalah seperti ini, para mukimin asal Indonesia yang bekerja sebagai freelance "kabur" dan tidak ada yang bisa dimintai pertanggungjawaban.

Harapan akhirnya tertuju kepada mitra PT. KM, yakni Al-Fauzan, yang juga sulit dihubungi, walau sudah berkali-kali dicoba. Karena waktu terus berjalan, lanjut Dumyathi, KUHI KJRI akhirnya menggunakan kendaraan haji untuk membantu penanganan jemaah umrah yang semestinya domain business to business.

"Alhamdulillah mereka akhirnya bisa diberangkatkan ke terminal haji didampingi oleh Pak Ali dan Pak Yusuf," tambahnya.

Terkait kejadian ini, Dumyathi meminta agar ada pendamping jemaah dalam setiap keberangkatan mereka dari Jakarta, berapapun jumlahnya. Selain itu, pihak travel juga harus menunjuk perwakilan resmi di Saudi dan itu dilaporkan kepada KUHI-KJRI.

"Bila ini dilakukan ke depan, kasus-kasus serupa dapat dihindari di masa mendatang," pungkas Dumyathi.[rmn]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Sebanyak 17 jamaah umroh terlantar di Bandara Jeddah, Bagaimana Sikap Pemerintah Jokowi?"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel